Danramil 03/Pulau Punjung Berikan Wasbang di SMA N 1 Sikabau Kab.Dharmasraya

Danramil 03/Pulau Punjung Kodim 03/Pulau Punjung Mayor Caj (K) Tuti Andayani berikan materi Wasbang Sejarah PDRI di Sumatera barat kepada siswa/siswi di SMA N 1 Sikabau Kec.Pulau Punjung Kab.Dharmasraya. Selasa (19/04/22)

Danramil 03/Pulau Punjung mengatakan bahwa perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia. JIka tak ada perjuangan PDRI, maka bisa dikatakan bangsa Indonesia tak ada sampai saat ini.

Danramil menambahkan, bahwa peristiwa PDRI lahir untuk menjamin kelangsungan hidup Republik Indonesia, yang saat itu hampir jatuh ke tangan penjajah. PDRI mengisi kekosongan pemerintahan setelah Soekarno – Hatta ditawan oleh Belanda dan memberikan mandat kepada Syafroeddin Prawiranegara untuk membentuk pemerintahan darurat. Peristiwa PDRI tersebut kemudian ditetapkan menjadi hari bela negara yang diperingati setiap tanggal 19 Desember.

Mayor Caj (K) Tuti Andayani menyampaikan bahwa bela negara sangat penting untuk diketahui oleh semua warga negara, dan tanggung jawab bela negara tidak hanya pada aparat keamanan tetapi semua rakyat sesuai dengan profesinya masing – masing.

“Nilai – nilai Bela Negara seperti cinta tanah air, Kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara khususnya untuk nilai nilai pancasila”, ujar Mayor Caj (K) Tuti Andayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *