Dandim 0310/SSD Hadiri Memperingati Hari Pahlawan

Sijunjung – Dandim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sa upacara, dalam rangka memperingati hari pahlawan tahun 2022 di Lapangan. Prof.M.Yamin, SH, Muaro Sijunjung, Kamis (10/11/22).

Bertindak sebagai pemimpin upacara, Kapt.Inf.Jhoni Danramil 08/Kumanis

Komandan Kodim 0310/SSD mengatakan bahwa, upacara peringatan Hari Pahlawan merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap para pahlawan.“Ini adalah salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para Pahlawan bangsa yang sudah berjuang dengan mengorbankan jiwa dan raga demi Ibu Pertiwi,” Jelas Dandim.

Seperti yang kita lihat, Upacara bendera dan mengheningkan cipta dalam memperingati Hari Pahlawan tahun 2022  berlangsung khitmad.

Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, sekaligus membacakan Amanat Menteri Sosial RI.

Peringatan Hari Pahlawan 2022 mengangkat tema “Pahlawanku Teladanku” yang Turut dihadiri Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Sijunjung, Zefnihan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, camat, Serta undangan lainnya.

Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka,”kata Wabup, Iraddatillah saat membacakan amatat Menteri Sosial RI.

Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya.

Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara–tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga.

Para Pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung Revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan.

Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita.

Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang, Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang.

Untuk itu, kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan.

Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi.

Siap Upacara Di Lanjukan Ziarah Ke Taman Makan Pahlawa Pelaksanaan Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati hari pahlawan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI dari para penjajah sehingga saat ini kita semua dapat menikmati hasil dari perjuangan mereka. Untuk itu sebagai generasi penerus kita wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Para Pahlawan pendahulu kita, ” ungkap Dandim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *