Babinsa koramil 01/Sawahlunto Melaksanakan Panen Sayur Bersama KWT Kota Sawahlunto

Sawahlunto- Anggota Babinsa Koramil 01/Sawahlunto Kodim 0310/SS bersama Ibu -ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Sawahlunto melaksanakan panen bersama tanaman Kangkung dan Kacang panjang di lahan kebun Kantor Koramil 01/Sawahlunto Kamis (7/7/2022).

Babinsa menekankan upaya meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga. Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di masa pandemi Covid 19 ini.

“Dalam kondisi krisis seperti Covid-19 ini, pertanian menjadi jawaban untuk bisa survive. Tidak perlu lahan besar, kita manfaatkan lahan di pekarangan kita. Jadi di pekarangan ini semua orang bisa bertani,” ujar Babinsa

Salah satu program kerja Kementerian Pertanian adalah Pekarangan Pangan Lestari atau P2L yang digerakkan sejak tahun 2010 dengan nama Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan atau pemantapan daerah tahan pangan. Kegiatan ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) terbukti mampu membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga di tengah merebaknya wabah Covid 19 yang terjadi saat ini.Kegiatan ini ternyata sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Wanita Tani (KWT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *